English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Arabic

Selasa, 24 April 2012

Karakter Pemuda Islam Saat Ini


بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ


Pemuda tidak dipungkiri bahwa mereka adalah tonggak penentu berdirinya suatu masyarakat yang maju di masa depan. Pemuda sangat berperan penting dalam penentuan atas kemajuan suatu masyarakat dan bangsa. Karena di masa-masa remaja inilah pemikiran kita dibentuk, dan diasah sedemikian rupa agar menjadi seorang yang bisa jadi tauladan bagi sekitarnya. Seorang pemuda islam pada dirinya harus tertanam suatu akhlak dan kepribadian yang dapat menjadi suri tauladan bagi orang - orang yang di sekitarnya. Sebagaimana telah dicontohkan dahulu oleh para Rasulullah. Dalam Al-Qur’an QS Al-Hujraat : 13 dijelaskan:


              يَـٰٓأَيُّہَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقۡنَـٰكُم مِّن ذَكَرٍ۬ وَأُنثَىٰ وَجَعَلۡنَـٰكُمۡ شُعُوبً۬ا وَقَبَآٮِٕلَ لِتَعَارَفُوٓاْ‌ۚ
إِنَّ أَڪۡرَمَكُمۡ عِندَ ٱللَّهِ أَتۡقَٮٰكُمۡ‌ۚ   إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ۬

Hai manusia, Sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah maha mengetahui lagi maha mengenal.

Dalam surat di atas ditegaskan bahwasanya orang yang paling mulia di sisi Allah bukanlah seorang pemuda yang paling pandai bergaul, tetapi pemuda yang paling bertakwalah yang paling mulia di sisi-nya. Tetapi sangat lebih bagus lagi seorang pemuda yang pandai bergaul dan bertakwa. Bergaul disini selain memperbanyak teman, kita diajarkan pula untuk menjalin dan menyambung tali silaturahmi dengan sesama umat manusia. Hal ini menjelaskan bahwa silaturahmi sangat penting dalam pergaulan di dalam masyarakat.

Sebagai umat islam kita harus mengakui bahwa nilai pemuda begitu berharga, untuk itu islam sangat memperhatikan kelanjutan pendidikan dan pembinaan para pemuda, sehingga islam sangat menitik beratkan pendidikan dan pembinaan kepada para pemuda. Jika semua itu masih ada dan masih di jalankan dengan baik, pemuda islam di kemudian hari mampu menjalankan kehidupannya dengan baik dengan mengikuti risalah Rosullullah dan dapat pula bersaing di era globalisasi.

 Inilah karakteristik pemuda islam menurut Rosullullah :

 1. Ikatan yang kuat dengan Allah.
 2. Cinta kepada Allah dan Rasulnya.
 3. Royalitas hanya untuk Islam.
 4. Kesabaran dan keteguhan hati.
 5. Berdakwah karna Allah.
 6. Cinta dalam Jihad
 7. Ukhuwah.
 8. Berkorban Fi Sabilillah
 9. Keta’atan kepada Allah.
 10. Keberanian berjihad di jalan Allah.