English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Arabic

Kamis, 26 April 2012

Pengetahuan Islam Di Era Globalisasi


بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ


Mendengar kata "Globalisasi" pikiran kita langsung tertuju kepada kemajuan teknologi. Sebagaimana fenomena yang kita rasakan saat ini, teknologi modern memungkinkan kita untuk dapat berkomunikasi secara langsung tanpa batasan jarak dan waktu. Kita pun dapat dengan sangat mudah dalam mencari informasi terkini melalui jaringan internet yang dapat mencari informasi secara lengkap dan luas.

Sebenarnya kemajuan teknologi saat ini banyak yang dapat kita manfaatkan untuk mencari ilmu pengetahuan Namun tidak dapat kita pungkiri bahwa kemjuan teknologi pun banyak membawa dampak negatif, terutama para pemuda karna  para pemudalah yang sekarang ini banyak menggunakan teknologi informasi untuk membantu pekerjaan mereka..

Sebagaimana tujuan utama Allah swt. yang menjadikan manusia khalifah di bumi seperti yang di jelaskan dalam surat Al Baqarah ayat 30 :

وَإِذۡ قَالَ رَبُّكَ لِلۡمَلَـٰٓٮِٕكَةِ إِنِّى جَاعِلٌ۬ فِى ٱلۡأَرۡضِ خَلِيفَةً۬‌ۖ قَالُوٓاْ أَتَجۡعَلُ فِيہَا مَن يُفۡسِدُ فِيہَا
وَيَسۡفِكُ ٱلدِّمَآءَ وَنَحۡنُ نُسَبِّحُ بِحَمۡدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ‌ۖ قَالَ إِنِّىٓ أَعۡلَمُ مَا لَا تَعۡلَمُونَ

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan [khalifah] di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".

Dari ayat di atas kita dapat menyimpulakan tujuan Allah swt. kepada manusia di bumi, untuk menjadikan kita para umat muslim untuk menjadi khalifah di muka bumi. Dan untuk meraih tujuan utama kita hidup di dunia ini kita membutuhkan ilmu pengetahuan yang dapat kita peroleh dari media apa saja untuk mencapai kehidupan bahagia di dunua dan di akhirat kelak.